Rabu, 10 Oktober 2012

Mengatasi Baby Blues

Tidak sedikit Bunda yang setelah melahirkan mengalami depresi atau Baby Blues. Menurut sebuah penelitian, menyusui ternyata membantu Bunda terhindar dari sindrome tersebut.


Penelitian itu dilakukan Psikolog dari University of New Hampshire, Amerika Serikat, Khatleen, Kendall-Tackett. Kendall meneliti tentang depresi yang bisa terjadi pada Bunda yang baru melahirkan.

"Depresi pada seseorang yang baru melahirkan adalah sesuatu yang biasa di banyak kebudayaan, setidaknya 10-20% wanita  mengalaminya setelah melahirkan. Di populasi yang lebih beresiko, presentasenya bisa mencapai 40-50%', ujarnya seperti dilansir She Knows.

Kendall tertarik meneliti karena depresi tersebut tidak hanya berdampak pada Bunda tapi juga si kecil.  "Para Bunda yang depresi akan lebih mudh berhenti menyusui", ujarnya.

Kendall juga menambahkan, salah satu yang bisa  mengobati depresi adalah dengan mengkonsumsi omega 3. Para Bunda seusai melahirkan disarankan memakan makanan yan mengandung omega 3 seperti ikan tuna, bayam, alpukat, kacang-kacangan dan pepaya.

Selain makan makanan yang mengandung omega 3, menyusui juga membantu Bunda terhindar dari depresi.
"Menyusui bisa menguras stres", jelas Kendall. Hormon oksitosin akan keluar saat Bunda menyusui si kecil, hormon ini berguna untuk mengurangi stres yang dialami. Sehingga Bunda akan memiliki perasaan yang positif dan juga lebih banyak melakukan hal-hal positif lainnya.

Baby Blues : depresi setelah melahirkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar